Masih Bingung Ngampus? Yuk Kenali 5 Tips Memilih Jurusan. Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

UINSGD.AC.ID (Kampus I) — Saat akan memasuki jenjang perkuliahan. Salah satu keputusan penting yaitu memilih jurusan yang akan diambil ketika kuliah. Sebagian orang sudah menentukan pilihan jurusan yang diminati. Ada juga yang masih bingung dalam menentukan jurusan.

Terlebih ada juga yang harus mempertimbangkan keinginan orangtuanya. Jika masih bingung yuk simak 5 tips dalam menentukan jurusan dibawah ini:

1. Kenali minat dan bakat
Ketertarikan dalam bidang apa serta bidang apa yang membuat diri antusias adalah langkah pertama untuk mengenali minat dan bakat diri, dengan mengenali minat dan bakat diri akan dapat membantu menyaring pilihan jurusan yang sesuai.

Selain itu penilaian orang lain juga dapat dijadikan pertimbangan, misalnya ketika ada teman yang mengatakan bahwa kamu pintar di bidang sains dan terlihat senang ketika mengerjakannya maka bisa menjadi bahan pertimbangan. Dengan memilih jurusan sesuai minat dan bakat, kuliah akan jadi lebih menyenangkan.

2. Lakukan riset soal jurusan
Setelah mengenali minat dan menentukan jurusan, namun masih bingung dengan beberapa jurusan, maka kamu bisa melakukan riset yang mendalam dari beberapa jurusan yang sudah ditentukan. Cari tahu tentang mata kuliah, tantangan yang akan dihadapi selama kuliah sehingga dapat menjadi pembanding untuk dapat menentukan jurusan.

3. Jangan ikut-ikutan teman
Bakat setiap orang itu berbeda-beda, maka kita perlu memahami diri sendiri terlebih dahulu. Jangan karena terburu-buru dan merasa bingung menentukan jurusan sehingga mengikuti teman. Perlu diketahui jika merasa salah pilih jurusan, untuk pindah jurusan itu tidak mudah begitu saja. Hidupmu adalah tanggung jawab diri sendiri, sehingga harus mengikuti minat dan bakat yang dimiliki agar dapat menjalani perkuliahan dengan mudah.

4. Memperhatikan biaya kuliah
Berdiskusi dengan orangtua merupakan hal yang penting ketika akan berkuliah, ketika orangtua turut andil dalam hal pembiayaan pendidikan sehingga penting untuk berdiskusi terlebih dahulu. Terkadang orangtua juga mempunyai keinginan sendiri jurusan apa yang harus diambil oleh anaknya, maka dari itu penting untuk mendiskusikan terlebih dahulu dengan orangtua.

5. Berdiskusi dengan orang dekat yang berpengalaman
Mendapatkan nasihat dari orang yang telah berpengalaman dapat menambah wawasan dan menambah cara pandang atau pola pikir kita dalam menentukan jurusan, kita juga dapat menggali informasi terkait peluang perkembangan karir dari pilihan jurusan yang akan kita ambil. Terlebih jika kita masih bingung dengan beberapa jurusan, dengan berdiskusi dapat membantu menentukan jurusan.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, dapat membantu kamu yang masih kebingungan dalam menentukan jurusan. Jangan sampai terburu-buru ketika memilih, agar setiap tantangan yang dijalani pada pilihanmu dapat dilalui dengan mudah. Semangat berjuang SGD.Fighters! (Taorena Sandra/Humas)

2 thoughts on “Masih Bingung Ngampus? Yuk Kenali 5 Tips Memilih Jurusan. Calon Mahasiswa Wajib Tahu!”

Comments are closed.