Seleksi Program Sarjana

Dapatkan Gelar Sarjanamu di UIN Bandung !

Program Sarjana menawarkan pendidikan akademik, yang secara normatif ditempuh dalam 4 tahun. Program Sarjana UIN Bandung menyediakan 48 pilihan program studi yang dapat dipilih pada 9 Fakultas, yaitu 
1. Fakultas Ushuluddin
2. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
3. Fakultas Syariah dan Hukum
4. Fakultas Dakwah dan Komunikasi
5. Fakultas Adab dan Humaniora
6. Fakultas Psikologi
7. Fakultas Saintek
8. Fakultas FISIP
9. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

UIN Sunan Gunung Djati Bandung  Bandung membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana tahun akademik 2023/2024 untuk pendaftar dari lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun ijazah 2021, 2022, dan 2023. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana terdiri dari 5 jalur, yaitu:

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP);
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan
  3. Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN)
  4. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)
  5. Mandiri.

Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana melalui jalur Mandiri meliputi:

  1. Seleksi Mandiri Umum (CBT);
  2. Seleksi Mandiri Tahfidz;
  3. Seleksi Mandiri Prestasi;
  4. Lulusan MAN-IC
  5. Khusus Luar Negeri;

Dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri menerima calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi dan potensi akademik tinggi atau kurang mampu secara ekonomi atau dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal melalui Seleksi Mandiri Prestasi.

Program Sarjana

Seleksi Program Sarjana adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program pendidikan Strata-1 atau biasa disingkat S1. Beban studi untuk meraih gelar Sarjana umumnya adalah 144 SKS (satuan kredit semester) dan secara normatif ditempuh selama 4 tahun. Program sarjana program sarjana ini merupakan program pendidikan akademik.

Pendidikan akademis mencakup program sarjana dan pascasarjana yang bertujuan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan utamanya adalah agar peserta didik dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Proses pendidikan akademis bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kecakapan intelektual dan budaya, mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja, dan membantu dalam pengembangan profesionalisme. Para lulusan program sarjana berhak menyandang gelar sarjana, dan apabila mereka memilih melanjutkan studi, mereka dapat meraih gelar magister atau doktor.

Program Studi Sarjana di UIN Bandung