5 Alasan Ngampus di UIN Bandung. Dari Terakreditasi Unggul Sampai Asyik Main Bola dengan View Al-Jabar

UINSGD.AC.ID (Kampus I) — Menjadi seorang mahasiswa merupakan salah satu yang diinginkan oleh setiap orang, mencari kampus terbaik adalah salah satu cara mewujudkannya.

Semua calon mahasiswa berlomba-lomba untuk dapat masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung merupakan salah satu kampus terbaik yang paling banyak diminati dari tahun ke tahun.

Inilah 5 alasan kampus UIN Bandung banyak diminati:

1. PTN yang telah Terakreditasi Unggul
Pertimbangan pertama mahasiswa ketika memilih kampus yaitu akreditasi universitas, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung saat ini sudah terakreditasi “Unggul”. Selain dari akreditasi universitas, banyak jurusan yang sudah terakreditasi Unggul.

2. Ilmu Dunia dan Ilmu Agama Seimbang
Selain mengajarkan Ilmu Umum, UIN SGD Bandung juga mengajarkan ilmu agama yang selanjutnya dijadikan pondasi dalam mempelajari dan mempraktikkan ilmu umum serta ilmu jurusan yang dipilih. Wahyu Memandu Ilmu merupakan paradigma keilmuan yang menjadi prinsip dasar dalam mendorong mahasiswanya untuk mempelajari, mengerti dan mengamalkan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai landasan mempelajari ilmu umum. Dalam implementasinya diintegrasikan dengan kurikulum seperti mahasiswa Biologi menguasai pengetahuan tentang biologi bukan semata-mata pengetahuan ansich, tetapi—dengan mempelajari dasar-dasar ilmu agama—juga mengantarkan kepada kekuasaan Allah (tauhidullah).

3. Terdapat Pusat Kajian Halal
UIN Sunan Gunung Djati Bandung saat ini memiliki Pusat kajian halal, halal center merupakan lembaga yang aktif sebagai pusat Halalsphere University yang berlokasi di Gedung Laboratorium Integrasi FMIPA, kampus 2. Seiring dengan adanya program akselerasi halal di UIN Bandung, Unit pengembangan halal ini menjadi semakin berkembang salah satunya meliputi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang dapat melayani pemeriksaan/pengujian kehalalan produk untuk jalur reguler. Adapun untuk jalur self declare telah berjalan sejak tahun 2021 melalui Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H).

4. Terdapat Taman Cinta Masjid
Taman cinta masjid terletak di kampus 2 UIN SGD Bandung yang merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh mahasiswa maupun masyarakat luar, tempatnya yang sejuk menjadikan tempat ini digunakan oleh mahasiswa untuk bersantai bahkan sambil mengerjakan tugas. Selain sejuk tempatnya juga luas dan banyak spot area yang dijadikan tempat untuk berfoto.

5. Terdapat Lapang Bola View Al-Jabar
Lapang sepak bola menjadi salah satu fasilitas yang menjadi daya tarik bagi mahasiswa, lapangan yang terletak di kampus 2 ini memiliki pemandangan yang indah dengan view masjid Al-Jabar. Dengan tempat dan pemandangannya yang indah, lapangan ini banyak juga dikunjungi oleh masyarakat luar sehingga lapangan sepak bola ini juga disewakan.

Itulah beberapa poin yang dapat menjadi daya tarik kampus UIN SGD Bandung, sebetulnya masih banyak lagi hal menarik lainnya yang dapat menjadi alasan SGD. Fighters memilih UIN Bandung sebagai tempat kuliahnya. (Taorena Sandra/Humas)