1.802 Cama Berhasil Daftar Mandiri, Top 5 Jalur dan Prodi Terbanyak

UINSGD.AC.ID (Humas) — Sebanyak 1.802 calon mahasiswa (cama) telah melakukan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) UIN Sunan Gunung Djati Bandung jalur mandiri.

Wakil Rektor I, Dr. H. Dadan Rusmana, didampingi Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Dr. M. Erihadiana, menjelaskan “sejak dibuka mulai dari 14 Mei sampai hari kemarin per tanggal 6 Juni pukul 8.55, jumlah pendaftar 1.802 yang terdiri dari 761 laki-laki, 619 perempuan, 12 kebutuhan khusus, 598 kategori IPA/Sains dan 782 kategori IPS/Sosial,” tegasnya, Jumat (7/6/2024).

Dengan rincian yang sudah mengisi formulir 1.380 (77%), yang belum mengisi formulir 4.22 (23%), sudah bayar 757 (42%), belum bayar 1.045 (58%). “Untuk yang belum mengisi formulir dan belum bayar segera melakukannya.”

Pastikan, para calon mahasiswa melakukan registrasi atau membuat akun baru di laman https://damba.uinsgd.ac.id, dengan menggunakan email dan kata sandi, untuk mengisi form biodata, tipe ujian, mencetak kartu ujian, dan pengumuman kelulusan.

Ketentuan Umum

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri melalui test: CBT (Computer Based Test), Tahfidz, Prestasi, Lulusan Terbaik MAN Insan Cendikia.

Pertama, Computer Based Test (CBT) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru (Reguler, Difabel dan Moderasi Beragama) serta 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) yang dilaksanakan melalui media tes secara komputerisasi (CBT).

Kedua, Prestasi merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang Seni dan Olahraga, Pramuka, PMR, Paskibra, Ketua OSIS minimal tingkat regional (Kota/Kabupaten).

Ketiga, Tahfidz/ Qiro’atul Kutub merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz/Qiro’atul Kutub.

Keempat, Lulusan MAN Terbaik. Jalur penerimaan khusus bagi mahasiswa terbaik khususnya 10 besar lulusan dari MAN IC.

Persyaratan

1. Berijazah SMA/SMK/MA/MAK/ Pesantren Mu`adalah/Paket C;

2. Khusus bagi calon peserta lulusan Paket C harus menyerahkan buku rapor 3 (tiga) tahun terakhir (diserahkan saat akan ujian PMB ke Panitia);

3. Lulusan tahun berjalan, sekurang-kurangnya telah memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) dari Kepala Sekolah/ Madrasah yang dilengkapi pas photo dan dicap sekolah. Umur maksimal 25 tahun (per 1 Agustus 2024).

Berikut ini top 5 jalur pendaftar:

1. Computer Based Test 559
2. Tahfidz 114
3. Prestasi – Volley Ball 17
4. Prestasi – Qiro`atul Kutub 15
5. Prestasi – Musabaqoh Tilawatil Al Qur`an 10

Sedangkan untuk top 5 pendaftar terbanyak ada di Program Studi:

1. Psikologi 574
2. Manajemen 447
3. Administrasi Publik 365
4. Ilmu Hukum 262
5. Teknik Informatika 259

Ada banyak banget peluang dan kesempatan yang sayang untuk dilewatkan. Ayo wujudkan mimpimu bersama UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui beragam jalur masuk yang tersedia. 😍

Informasi tentang PMB UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga dapat diakses melalui laman https://pmb.uinsgd.ac.id/ dan @pmb.uinsgd Ikuti terus informasi terupdate hanya di @uinsgd.official ya! 😉